- Tema : Kepuasan Konsumen
- Judul : Analisis Variabel Pembentuk Kepuasan Konsumen pada Ritel Hipermarket di Depok
Pengrang : Rudhah Maria Ulfah
Tahun : 2008
- LBM : Melihat banyaknya konsumen yang mempunyai keinginan dan kebutuhan beraneka ragam, membuat peluang besar bagi para peralaku bisnis untuk mendirikan tempat ritel modern di kota Depok.
- Tujuan :
- Untuk mengidentifikasi variable pembentuk kepuasan konsumen pada ritel Hipermarket di Depok
- Ingin mengetahui seberapa besar hubungan antar variable pembentuk kepuasan konsumen pada ritel Hipermarket di Depok
- Metodologi :
- Data & Variabel : Data primer
- Variable daya tanggap
- Variable jaminan
- Variable empati
- Variable keandalan
- Variable bukti fisik
- Model : Sampling Random pada konsumen pada ritel Hipermarket di Depok.
- Tahapan Penelitian :
- Uji validitas
- Uji reliabilitas
- Analisis korelasi
- Analisis factor
- Hasil :
- Hubungan antar variable pembentuk kepuasan konsumen paa ritel Hipermarlet di Depok adalah signifikan.
- Variable bukti fisik, keandala,daya tanggap,jaminan,empati mampu membentuk komponen utama kepuasan konsumen.
- Variable daya tanggap yang paling dominan membentuk lepuasan konsumen pada ritel hipermrket di Depok.
- Kesimpulan : Penelitian ini bias menjadi masukan bagi pengusaha ritel modern untuk lebih memahami konsumen dan mengaplikasikanya kedalam strategi pemasaran.
- Saran : yang paling mendominasikan dalam membentuk kepuasan konsumen berbelanja untuk variable-variabel yang lain perlu adanya evaluasi dan peningkatan pelayanan yang telah disediakan agar pelayanan kualitas jasa yang disediakan pada ritel Hipermarket di Depok diterima baik oleh konsumen.