Minggu, 21 November 2010

Review Jurnal Kepuasan Konsumen


  1. Tema : Kepuasan Konsumen
  2. Judul : Analisis Variabel Pembentuk Kepuasan Konsumen pada Ritel Hipermarket di Depok
Pengrang : Rudhah Maria Ulfah
Tahun : 2008
  1. LBM : Melihat banyaknya konsumen yang mempunyai keinginan dan kebutuhan beraneka ragam, membuat peluang besar bagi para peralaku bisnis untuk mendirikan tempat ritel modern di kota Depok.
  2. Tujuan :
    1. Untuk mengidentifikasi variable pembentuk kepuasan konsumen pada ritel Hipermarket di Depok
    2. Ingin mengetahui seberapa besar hubungan antar variable pembentuk kepuasan konsumen pada ritel Hipermarket di Depok
  3. Metodologi :
    1. Data & Variabel : Data primer
      1. Variable daya tanggap
      2. Variable jaminan
      3. Variable empati
      4. Variable keandalan
      5. Variable bukti fisik
    2. Model : Sampling Random pada konsumen pada ritel Hipermarket di Depok.
    3. Tahapan Penelitian :
      1. Uji validitas
      2. Uji reliabilitas
      3. Analisis korelasi
      4. Analisis factor
  4. Hasil :
    1. Hubungan antar variable pembentuk kepuasan konsumen paa ritel Hipermarlet di Depok adalah signifikan.
    2. Variable bukti fisik, keandala,daya tanggap,jaminan,empati mampu membentuk komponen utama kepuasan konsumen.
    3. Variable daya tanggap yang paling dominan membentuk lepuasan konsumen pada ritel hipermrket di Depok.
  5. Kesimpulan : Penelitian ini bias menjadi masukan bagi pengusaha ritel modern untuk lebih memahami konsumen dan mengaplikasikanya kedalam strategi pemasaran.
  6. Saran : yang paling mendominasikan dalam membentuk kepuasan konsumen berbelanja untuk variable-variabel yang lain perlu adanya evaluasi dan peningkatan pelayanan yang telah disediakan agar pelayanan kualitas jasa yang disediakan pada ritel Hipermarket di Depok diterima baik oleh konsumen.